fbpx

Pengembangan Kurikulum

Kurikulum SD Islam Abu Dzar mengacu kepada kurikulum Pendidikan Nasional terbaru yaitu Kurikulum Merdeka (IKM) yang dipadukan dengan kurikulum Mandiri sesuai visi dan misi pendidikan SD Islam Abu Dzar. Perpaduan kurikulum Nasional dan kurikulum Mandiri memiliki rasio 25:75.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar (modul) sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah di luar mata pelajaran.

Kurikulum Mandiri berangkat dari pentingnya beragama sesuai pemahaman salafu ummah dan menghafal al-Quran sebagai dasar ilmu agama dengan dibekali kemampuan berbahasa Arab yang baik. Tujuan dari Kurikulum Mandiri adalah membentuk pribadi muslim berkarakter tauhid. Dengan karakter tersebut diharapkan peserta didik menjadi pribadi yang beraqidah lurus, cinta sunnah Rasulullah shallallahu ‘alai wa sallam, cinta Al Quran, memiliki ilmu keislaman dan pegetuhuan umum yang seimbang, memiliki keterampilan hidup, belajar sepanjang hayat, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang lebih baik. Pada akhirnya dengan perpaduan kurikulum Nasional dan kurikulum Mandiri dapat membentuk peserta didik yang berilmu dan bermanfaat.

Kegiatan pembelajaran di SD Islam Abu Dzar dalam pelaksanaannya selain memadukan kurikulum K13 dan pengembangan kurikulum Mandiri juga berupaya untuk memfasilitasi perkembangan Multiple Intelligences, minat dan bakat peserta didik.

3 Prinsip Proses Pembelajaran (Istabiq)

 sd.png

Program Kelas Peminatan

Dalam rangka memberikan ruang dan mendorong peserta didik agar pembelajaran lebih optimal dan fokus pada kompetensi yang menjadi minat atau bakatnya, sebagaimana didukung oleh IKM, mulai Tahun Pelajaran 2022/2023 SD Islam Abu Dzar membuka kelas peminatan yaitu

  1. Excellent Class, target hafalan 7 juz dan matan tuhfah athfal
  2. Tahfizh Class, target hafalan al Quran 5 juz dan matan tuhfah athfal
  3. Arabic Class, target hafalan al Quran 5 juz dan kemampuan bahasa Arab dasar dan lanjutan.

Secara umum peserta didik memiliki kompetensi dasar/basic sebagai berikut:

No.DiniyahBahasaTajwid/TahfizhUmumTIK
1 Aqidah dan manhaj yang lurus serta akhlak mulia Hafal Mufradat 300 - 600 Hafal 5 Juz Matematika Office (word, exel, power point)
2 Hafal 34 Doa Harian

Percakapan sehari-hari

Lancar membaca Al-Quran Tajwid Dasar

Pengetahuan Umum (BI, IPAS, PKn)  Design
3 Hafal 20 Hadits dari Arbain Kaidah Dasar Sertifikasi Iqra' & Hafalan  PJOK & SBdP Animasi
4 Diniyah Aplikatif (Fiqih Ibadah) B. Inggris Dasar (speaking) Metode Ummi (penunjang) Pembelajaran aplikatif Game Edukasi (coding)

Output Kelas Peminatan

No.Excellent ClassArabic ClassTahfizh Class
1 7 Juz 5 Juz 5 Juz
2 Matan Tuhfah Athfal Muqarrar Diniyah (Al Islam As Shahih) Berbahasa Arab di kls 5 & 6 Matan Tuhfah Athfal

Pengembangan Kurikukulum

Pengembangan Tahfizh

  1. Pemetaan Tahfizh menjadi halaqah
  2. Sertifikasi Tahfizh setiap selesai 1 juz
  3. Sertifikasi tajwid sebelum lanjut ke al Quran
  4. Uji Komprehensif

Pengembangan Bahasa

  1. Arabic Aplikaatif (Percakapan dan Pengantar Pembelajaran serta Upacara hari senin berbahasa Arab)
  2. Imtihan maharah kalam
  3. Bahan Ajar menggunakan buku paket Full Arabic

Pengembangan Keagamaan

  1. Bimbingan Ibadah Langsung (Wudhu, Salat Zuhur, Shalat Jumat, Dzikir pagi, infaq Jumat, nasehat pekanan dan adzan)
  2. Diniyah Aplikatif (hafalan doa sehari-hari, hafalan hadits pendek dan praktik ibadah)
  3. Bahan Ajar perpaduan kurikulum nasional dan kurikulum Timur Tengah
  4. Khusus Kelas Arabic, muqarra PAI menggunakan teks Arabic pada fase C)

Pengembangan Umum

  1. Pembelajaran Aplikatif (learning by doing dan mendukung P5)
  2. Pengembangan Mulok TIK (design animasi dan game education)

 

Kegiatan Terprogram Kurikulum

  1. Sertifikasi tahfizh
  2. Sertifikasi Tajwid
  3. Pembelajaran Aplikatif
  4. Imtihan Syafahi Bahasa Arab
  5. PTS, PAS, PAT
  6. AN/AKM
  7. US
  8. Uji Komprehensif
  9. Dll

Syarat kenaikan kelas

Peserta didik ditetapkan naik kelas dengan memenuhi 3 kriteria berikut:

  1. Nilai sikap minimal Baik
  2. Nilai akademik di bawah KKM : maksimal 3 muatan utama
  3. Kehadiran minimal 80 %

Penetapan kenaikan kelas peserta didik dilaksanakan melalui hasil rapat dewan guru dengan mempertimbangkan 5 hal, yaitu:

  1. Catatan komunikasi sekolah dengan orang tua
  2. Upaya Sekolah yang sudah diberikan
  3. Catatan perkembangan hasil belajar peserta didik (PTS, PAS, PAT)
  4. Potensi atau bakat yang yang menunjang
  5. Proses belajar selama kegiatan belajar mengajar

Syarat kelulusan

Peserta didik ditetapkan lulus dengan memenuhi 4 kriteria berikut:

  1. Telah menyelesaikan semua program pembelajaran
  2. Nilai sikap minimal baik
  3. Lulus Ujian Sekolah
  4. Nilai Tahfizh minimal 1 juz tersertifikasi

Penetapan kelululusan dilaksanakan melalui rapat dewan guru yang melalui surat keputusan kepala sekolah.

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan? Hubungi Atau Kunjungi kami.
0813-1881-7538

Jl. Sumatera Gg. H. Bakri, Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.

sd@abudzar.sch.id

Newsletter

Get latest news & update