fbpx

Tentang PKBM Islam Abu Dzar

Sejarah

Era globalisasi seperti dewasa ini menuntut berbagai pihak untuk lebih mampu meningkatkan daya saing yang berkarakter global. Di sisi lain seorang muslim dan muslimah memiliki prinsip dasar dalam melihat arus perkembangan global. Prinsip dasar ini adalah keteguhan dalam menjalankan syariah Allah sesuai dengan refleksi Sunnah Rasulullah. Hingga melihat pergulatan antara globalisasi dengan kepekaan terhadap prinsip syariah, maka PKBM Abu Dzar hadir berusaha menjawab tantangan Pendidikan yang berbasis pada Ulum Syar’i yang dintegrasikan dengan pelajaran-pelajaran umum yang kontekstual.

Cikal-bakal berdirinya PKBM Abu Dzar bermula dari kegelisahan sebagian orangtua siswi SD Islam Abu Dzar yang menginginkan anandanya lanjut ke jenjang lebih tinggi khusus putri yang memiliki kurikulum Tahfiz, Bahasa Arab, dan Diniyah. Di samping melihat fitrahnya seorang Wanita Muslimah yang lebih dominan dekat dengan rumah dan didikan orang tua, namun kewajibannya dalam menuntut ilmu syar’i sama dengan wajibnya bagi laki-laki.

Pembelajaran di bawah payung SMP Islam Abu Dzar menimbulkan beberapa kendala pada bidang kurikulum. Kurikulum mandiri PKBM Abu Dzar agak kesulitan diterapkan pada lembaga pendidikan formal seperti ini. Di sisi lain, orangtua siswi menginginkan kurikulum mandiri berjalan maksimal dan efektif.

Untuk mengakomodasi keinginan orangtua dan keberlangsungan kurikulum mandiri Abu Dzar, SMP Abu Dzar akhirnya mengubah jalur pendidikannya ke jalur pendidikan nonformal. Jalur pendidikan nonformal yang ditempuh oleh PKBM Abu Dzar adalah pendidikan kesetaraan atau yang lebih dikenal dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Jam pelajaran yang akan ditempuh dengan sistem ini adalah 42 jam pelajaran perpekan untuk jenjang Paket B (Setara SMP) dengan durasi per jam pelajaran adalah 40 menit, dengan komposisi 33 JP untuk mata pelajaran Tahfizh-Diniyah dan 9 JP untuk mata pelajaran Umum. Sedangkan untuk jenjang paket C (Setara SMA) adalah 37 jam pelajaran per pekan dan durasi per jam pelajaran adalah 45 menit dengan komposisi 26 JP Tahfizh-Diniyah dan 11 JP untuk mata pelajaran Umum.

Identitas PKBM Abu Dzar

Nama Sekolah

PKBM Abu Dzar

NPSN

P9970043

Provinsi

Banten

Alamat

Jl. Anggrek Kampung Bulak Rt/Rw, 01/03

Kelurahan

Pondok Kacang Timur

Kecamatan

Pondok Aren

Kota

Tangerang Selatan

Kode Pos

15226

Telepon

02122798334

Website

https://abudzar.sch.id

NPWP

21.065.642.7-453.001

Status Sekolah

Swasta

No. Izin Operasional           

423.8/8-DPMPTSP/OL/2020

Tahun Berdiri

2016

Akreditasi

B

Penyelenggara

Yayasan Abu Dzar

Bangunan Sekolah

Milik Sendiri

Luas Bangunan

500M²

Motto PKBM Abu Dzar

“Sekolah Muslimah Cerdas dan Berkualitas”

Cerdas: Intelektual, emosional dan spiritual

Berkualitas:

  1. Beriman dan bertakwa
  2. Berakhlak mulia
  3. Berilmu dan bermanfaat
  4. Mandiri, pantang menyerah dan bertanggung jawab
  5. Paham teknologi dan siap menghadapi perubahan

Struktur Organisasi

Struktur_PKBM.png