Pembelajaran Tematik Aplikatif (PETA) level 1  “Kegiatanku”

Pembelajaran Tematik Aplikatif (PETA) merupakan kegiatan aplikatif yang dapat memberikan siswa pengenalan awal secara langsung di lapangan mengenai tema baru yang akan mereka pelajari kedepannya atau tema yang sudah mereka pelajari kemudian kita aplikasikan ke dalam pembelajaran yang lebih menarik dan mendalam.

Kegiatan PETA level 1 dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 09 September 2021 secara online karena pemerintah memberlakukan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). Alhamdulillah dengan kemajuan teknologi saat ini peserta didik  tetap dapat melaksanakan kegiatan PETA dari rumah. Tema  yang diangkat pada kegiatan ini adalah Tema 3 Sub tema 1 Buku Kelas 1 “Kegiatanku”. Kegiatan ini lebih spesifik membahas tentang kegiatan rutinitas di pagi hari, dimana anak diajak memulai kegiatan pagi hari dengan adab dan akhlak yang baik. Kegiatan ini bertujuan mengajak siswa membiasakan diri pada jadwal rutinitas pagi hari, sehingga tumbuh sikap disiplin. Pada kegiatan ini peserta didik diajak membuat sarapan pagi (sandwich) dan membuat “kartu kegiatan pagi hariku” dengan bantuan guru mengarahkan dan menjelaskan cara pembuatan dan bahan apa saja yang diperlukan. 

Inti kegiatan yang paling menarik pada kegiatan ini adalah pada saat membuat sarapan pagi yaitu sandwich, dimana peserta didik sangat antusias dalam membuat sandwich ini, mulai dari menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya yaitu roti, telur/daging, keju, sayur-sayuran dan tak lupa sausnya. Kemudian dengan mengikuti arahan guru, peserta didik menata satu-persetu bahan-bahan yang sudah disiapkan dan jadilah sandwich yang lezat untuk dimakan. Sandwich tersebut dinikmati bersama guru, teman dan keluarga dirumah. Setelah selesai makan bersama, MC menanyakan apakah peserta didik bisa membuat sendiri sandwichnya dan bagaimana rasanya.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan terutama saat membuat dan menikmati sandwich buatan mereka sendiri. Semoga kegiatan PETA di tahun ajaran 2021-2022 bisa menumbuhkan semangat peserta didik meskipun masih belajar secara online dari rumah. Semoga Allah memberi keberkahan dan kesehatan pada kita semua. Aamiin. Baarakallahu fiikum. (MG)

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan? Hubungi Atau Kunjungi kami.
0813-1881-7538

Jl. Sumatera Gg. H. Bakri, Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.

sd@abudzar.sch.id

Newsletter

Get latest news & update