Kajian Anak SD Islam Abu Dzar Bersama Kak Abu Luqman & Kak Erlan

Ahad, 24 Oktober 2021 bertepatan dengan tanggal 18 Rabiul Awal 1443, alhamdulillah SD Islam Abu Dzar telah mengadakan Kajian Anak bersama Kak Abu Luqman & dan Kak Erlan. Kajian Anak ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama antara panitia kajian dan Komite SD Islam Abu Dzar. 

Kajian yang berjudul “Adab Sahabat & Sahabiyyah dalam Menuntut Ilmu” ini bertujuan untuk meningkatkan adab anak sholih dan sholihah dalam menuntut ilmu terutama adab kepada kalamullah yaitu Al-Qur’an Al Kariim dan hadist Nabi Muhammad ﷺ , kemudian adab terhadap guru-guru mereka terutama guru mereka di SD Islam Abu Dzar. Alhamdulillah… kajian yang dihadiri kurang lebih 500 peserta ini bisa berlangsung dengan baik.

Pada sesi pertama Kak Abu luqman membuka kajian dengan hadist Muhammad ﷺ :

 

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

 

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699), supaya anak-anak semangat dalam menuntut ilmu. Kemudian beliau melanjutkan dengan menceritakan keadaan orang-orang di akhirat yang ketika di dunia berilmu tapi tidak beradab, salah satunya adalah orang-orang yang ahli Al-Qur’an yang diseret oleh malaikat dengan wajah di bawah karena ahli Al-Qur’an ini tidak beradab ketika di dunia. Kemudian beliau melanjutkan dengan menceritakan adab-adab para sahabat antara lain sahabat yang mulia Abu Dzar Al-Ghifari, sama ya namanya dengan sekolah kita hehe dan para sahabat yang lainnya juga. Dan masyaaAllah anak-anak sangat antusias dalam mendengarkannya walaupun mereka mendengarkan lewat Zoom.

 

Pada Sesi kedua, yang membawakan kajian adalah Kak Erlan dengan pembawaan beliau yang sangat ceria beliau membuka dengan permainan “Angin Hujan” hehe lucu ya. Kemudian dengan suara khas beliau yang bisa minirukan suara anak kecil beliau membawakan kajian dengan senyuman dan keceriaan. MasyaaAllah anak-anak juga semangat dan ceria ketika mendengar apa yang Kak Erlan sampaikan dengan suara anak kecil khas beliau, yang terus menerus bertanya dengan pertanyaan yang sama seperti siswa yang bertanya dengan gurunya. Lalu Kak Erlan melanjutkan dengan membawa perkataan dari Yusuf bin Husain yang mengatakan : 

 

بالأدب تفهم العلم 

“Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”

 

Kemudian Kak Erlan menceritakan tentang adab-adab sahabiyyah dalam menuntut ilmu yang pertama adalah semangat dalam menuntut ilmu yang diambil dari riwayat Abu said Al-Khudri yang berkata bahwa ada seorang wanita yang meminta kepada Rosullullah  ﷺ untuk diajarkan tentang ilmu agama. Saking semangatnya sampai ada peserta kajian yang menyimak dari dalam mobil padahal sedang melakukan perjalanan, MasyaaAllah mumtazz ya.

Adab yang kedua adalah tidak sungkan bertanya dalam menuntut ilmu, ini didapat dari riwayat kisah Ummu Sulaim yaitu ibu dari Anas bin Malik. Dalam riwayat itu Ummu Sulaim tidak sungkan bertanya kepada Rosullullah  ﷺ . Adab yang ketiga adalah belajar harus dengan bimbingan guru.

 

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan peserta kajian sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Semoga setelah mendengarkan kajian tentang adab ini siswa-siswi SD Islam Abu Dzar lebih berilmu lagi terutama ilmu tentang adab, yaitu adab ketika menuntut ilmu, adab terhadap guru, orang tua, tetangga dan teman-temannya. Semoga Allah memberi keberkahan dan kesehatan pada kita semua. Aamiin. Baarakallahu fiikum. (MG) 

 

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan? Hubungi Atau Kunjungi kami.
0813-1881-7538

Jl. Sumatera Gg. H. Bakri, Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.

sd@abudzar.sch.id

Newsletter

Get latest news & update