fbpx

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Level 1 SD Islam Abu Dzar dilaksanakan pada hari Kamis dan jum’at tanggal 15-16 September 2022.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah Kewirausahaan yaitu “ Membuat Produk Yang Memiliki Daya Jual”. Kegiatan ini lebih spesifik pada kegiatan membuat macam kreasi dan makanan ringan yang  kemudian dijual. Hasil dari penjualan ini selanjutnya di infaqkan ke Abu Dzar Peduli untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

Sebelum melakukan kegiatan, peserta didik diberikan pemahaman tentang pentingnya budaya kewirausahaan yang kreatif, mandiri, dan bergotongroyong serta pemahaman tentang pentingnya mensyukuri nikmat Allah dengan cara menyisihkan sebagian dari harta yang dimiliki untuk orang-orang sekitar yang membutuhkan. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan nilai kepedulian antar sesama individu. 

Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuh   kembangkan. Peserta didik juga akan membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, gotongroyong dan menumbuhkan kepedulian antar sesama serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Inti kegiatan yang paling menarik pada kegiatan ini adalah pada saat peserta didik membuat macam kreasi mainan unik dari bahan-bahan sederhana dan makanan ringan yang enak dan sehat.  Dalam kegiatan ini peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok dengan bimbingan dan arahan guru pendamping, peserta didik bersama kelompoknya membuat mainan dan makanan semenarik mungkin.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan terutama saat membuat dan menjual mainan dan makanan buatan mereka sendiri. Semoga kegiatan P5 di tahun ajaran 2022-2023 bisa menumbuhkan semangat peserta didik, menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berakhlak mulia. Semoga Allah memberi keberkahan dan kesehatan pada kita semua. Aamiin. Baarakallahu fiikum.

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan? Hubungi Atau Kunjungi kami.
0813-1881-7538

Jl. Sumatera Gg. H. Bakri, Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.

sd@abudzar.sch.id

Newsletter

Get latest news & update