fbpx

GELAR KARYA P5 SD ISLAM ABU DZAR

Gelar Karya P5 SD Islam Abu dzar tahun Pelajaran 2023/2024. Alhamdulillah aladzi bini’matihi tatimussholihat, setalah kurang lebih satu pekan melakukan persiapan Gelar Karya P5 SD Islam Abu Dzar akhirnya memulai kegiatan puncak dari P5 yaitu Gelar Karya P5 yang dimulai dari Fase A, kemudian Fase B dan diakhiri oleh Fase C.

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang terdiri dari enam dimensi yakni beriman, berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, serta mandiri. Secara umum, P5 dalam Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di setiap jenjang pendidikan. Namun, secara praktis, P5 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitar peserta didik. Agar tujuan P5 ini tercapai, dalam pelaksanaannya harus mengedepankan prinsip-prinsip yang dapat membangun karakter dan meningkatkan kompetensi peserta didik agar mampu menghadapi persaingan di era revolusi industri 4.0. Dari hal tersebut maka sekolah mengadakan kegiatan P5 pada setiap levelnya ke dalam pembelajaran yang lebih menarik dan mendalam sesuai dengan arahan pemerintah.

Selasa, 3 Oktober 2023 alhamdulillah telah diadakan Gelar Karya P5 Fase A dengan tema kegiatan Kearifan Lokal dimana dalam kegiatan ini siswa dan siswi Fase A bertujuan untuk mengenal budaya Indonesia, mainanan dan permainan tradisional, makanan dan minuman tradisional, pakaian tradisional bahkan sampai bahasa daerah yang ada di Indonesia. Dalam Gelar Karya P5 Fase A ini mereka membuat berbagai bentuk mainan yang bisa dimainkan serta mengenalkan permainan tradisional. Kemudian Fase A juga membuat makanan dan minuman tradisional yang bisa dinikmati secara bersama-sama dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan tema yaitu Kearifan Lokal.

Selanjutnya Rabu, 4 Oktober 2023 bergantian siswa dan siswi Fase B yang melakukan Gelar Karya P5 dimana Fase B mengambil tema pada kegiatan ini yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan dimana pada kegiatan ini siswa berfokus bagaimana mengelola sampah dengan bijak, baik sampah organic maupun nonorganic. Dalam Gelar Karya P5 Fase B ini mereka membuat berbagai alat yang dihasilkan dari sampah disekitar sekolah dan rumah mereka terutama sampah plastik, seperti membuat kursi dan meja yang terbuat dari sampah plastik yang dimasukkan kedalam botol plastik. Kegiatan ini disebut dengan Ecobrik yaitu memanfaatkan sampah plastik mejadi berbagai macam bentuk kreasi. Kemudian dari sampah organic mereka membuat pupuk kompos yang bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Dan hasil karya Fase B ini mereka tampilkan dan diamati oleh Fase lain untuk diambil manfaatnya.

Akhirnya Gelar Karya P5 SD Islam Abu Dzar ditutup oleh Fase C, dimana Fase C ini mengambil tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dimana dalam kegiatan ini siswa-siswi diajak untuk hidup sehat, membuat makanan dan minuman sehat serta dapat memilah jajanan sehat dan tidak sehat. Dalam Gelar Karya P5 ini siswa dan siswi Fase C mengenalkan makanan dan minuman sehat kepada Fase lain tidak hanya mengenalkan, namun mereka juga membagikan makanan atau minuman sehat, serta menjelaskan manfaat dari makanan atau minuman yang mereka bagikan melalui kreasai poster maupun secara langsung. Makanan yang siswa-siswi Fase C bagikan antara lain hasil karya craving fruit, berbagai makan seeds seperti biji labu, biji bunga matahari, kacang mede, kismis, cranberry, pudding dan masih banyak lagi makanan sehat lainnya. Kemudian untuk minuman sehatnya yaitu jamu, teh telang serta the rosella yang dicampur dengan madu.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan P5 di tahun ini bisa menumbuhkan semangat peserta didik, menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berakhlak mulia. Semoga Allah memberi keberkahan dan kesehatan pada kita semua. Aamiin. Baarakallahu fiikum. (MG)

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan? Hubungi Atau Kunjungi kami.
0813-1881-7538

Jl. Sumatera Gg. H. Bakri, Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.

sd@abudzar.sch.id

Newsletter

Get latest news & update