fbpx

Dauroh Al-Qur’an dan Bahasa Arab

Kegiatan Dauroh Al-Qur’an dan Dauroh Bahasa Arab merupakan agenda tahunan sekolah yang wajib diikuti oleh seluruh siswi SMP dan SMA Islam Abu Dzar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022 di PKBM Abu Dzar.

 SMP dan SMA Islam Abu Dzar mengadakan kegiatan Dauroh Al Qur’an dengan tema “Melejitkan Iman dengan Menghafal Al-Qur’an” yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan semangat peserta didik dalam menghafalkan Al-Qur'an. Adapun Dauroh Bahasa Arab dilaksanakan dengan tema “Indahnya Bahasa Arab” yang bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik dalam Bahasa Arab.

Kegiatan ini diawali dengan muraja’ah bersama. Muraja’ah hafalan sangatlah penting bagi seorang penghafal Al-Qur’an. Peserta didik terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam muraja’ah hafalan, kegiatan muraja’ah dipandu oleh beberapa ustadzah SMP dan SMA Islam Abu Dzar.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, selanjutnya sambutan-sambutan oleh Ustadz Abdul Madjid, SE.,MPd selaku Mudir PKBM Abu Dzar dan dilanjutkan sambutan oleh Ustadzah Riya Abriani selaku ketua pelaksana.

Selanjutnya Dauroh Al-Qur’an dimulai pada pukul 08.20 WIB oleh Syaikhah Aisyah ‘Ali Mursheed, Lc selaku Dosen Ma’had Aisyah dan pemilik Sanad Qira’ah Asyrah dan penerjemah Ustadzah Tri Ajrina Widyawati. Syaikhah Aisyah menyampaikan keutamaan-keutamaan dalam menghafal Al-Qur’an dan cara agar hafalan Al-Qur’an selalu terjaga. Pada sesi terakhir Dauroh Al-Qur’an dua peserta didik SMA mendapat kesempatan Talaqqi surat Al-Fatihah bersama Syaikhah dan langsung di ishlah oleh beliau حفظها الله, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah bagi siswi yang aktif menjawab.

Acara selanjutnya Dauroh Bahasa Arab, masih dengan pemateri yang sama, oleh Syaikhah Aisyah ‘Ali Mursheed, Lc حفظها الله dan penerjemah Ustadzah Salsabila, Lc.,S.Ag. Di awal acara dauroh, Syaikhah Aisyah menerangkan tentang keutamaan-keutamaan Bahasa Arab. Beliau حفظها الله juga memaparkan bahwa pentingnya belajar Bahasa Arab bagi seorang muslim serta tips lancar berbahasa arab. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah bagi peserta didik yang aktif menjawab.

Alhamdulillah kegiatan Dauroh Al-Qur’an dan Bahasa Arab berjalan dengan lancar atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Harapan terbesar dari acara ini semoga peserta didik bisa mengambil manfaat dari pemaparan yang disampaikan oleh pemateri dan dapat mengamalkan ilmu yang telah dipelajari.

 

-Abriani-