fbpx

MUSABAQOH ABU DZAR 2023 “MUSLIMAH MUDA BERPRESTASI”

SMP dan SMA Islam Abu Dzar melaksanakan kegiatan Musabaqoh Abu Dzar (MUADZ) selama 3 hari. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 10, 11 dan 12 Januari 2023 bertepatan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah SMP dan SMA Islam Abu Dzar dimulai pada pukul 08.00 sampai 14.30 WIB.

Kegiatan ini bertemakan “Muslimah Muda Berprestasi.” Kegiatan MUADZ bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik serta meningkatkan jiwa kompetitif peserta didik. Acara tersebut diikuti oleh peserta didik PKBM Abu Dzar dan dari berbagai sekolah.        

Rangkaian kegiatan berisi perlombaan yang diikuti oleh peserta didik setingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di sekitar Tangerang Selatan dan Jabodetabek. Jenis perlombaan yang diadakan diantaranya lomba Tahfizh Al-Qur’an 1 Juz (Juz 30) dan 2 Juz (Juz 30 & 29) dan lomba Story Telling. Panitia juga menyelenggarakan lomba khusus internal diantaranya adalah lomba Diskusi Ilmiah, lomba Cerdas Cermat dan lomba Khitobah.

Pada hari pertama seleksi lomba diikuti oleh 225 peserta. Kemudian hari kedua diikuti oleh 109 peserta pada babak semi final dan 79 peserta pada babak final.

“Kami merasa peserta didik menurun jiwa kompetitifnya, karena saat pandemi covid-19 mengharuskan seluruh siswi melaksanakan pembelajaran secara online. Jika pembelajaran dilaksanakan secara online maka jiwa kompetitifnya pun akan menurun karena tidak adanya tatap muka dan lain sebagainya. Kegiatan Musabaqoh Abu Dzar ini bertjuan dapat kembali memunculkan jiwa kempetitif dari peserta didik dan jiwa untuk bersaing satu sama lain, yang jelas ini bukan bersaing untuk menjatuhkan tapi bersaing untuk kebaikan.” Ungkap ustadz Satrio selaku ketua pelaksana kegiatan.

Kemudian dilanjutkan oleh Ustadz Madjid selaku ketua PKBM Abu Dzar, “Kenapa kategori lombanya Tahfizh, karena memang sesuai dengan visi dari Abu Dzar sendiri yaitu ingin banyak orang yang perhatian atau cinta terhadap Al-Qur'an, ananda diminta untuk membaca, menghafal dan akhirnya nanti bisa mengamalkan. Adapun perlombaan lainnya bertujuan untuk melatih public speaking anak-anak sehingga mampu menyampaikan dakwah nantinya di kalangan akhwat maupun keluarganya sendiri,” sahut beliau.

“Kegiatan ini untuk menyemangati anak-anak kita supaya giat dalam menghafal, giat dalam belajar dan giat dalam memahami tetapi lebih dari itu. Karena buat apa ilmu, buat apa hafalan kalau tidak diamalkan. Berhasilnya satu sekolahan ketika anak didiknya luar biasa berbakti kepada orangtua, suka menolong sesama dan gemar melakukan kebaikan serta dapat mengamalkan ilmu yang didapat, nah mudah-mudahan seperti itu. Kita yakin, sekali lagi bahwa sekolahan yang kita bangun ini, buah terakhirnya adalah akhirat nanti, Surga-Nya, jadi bukan sekedar di dunia saja,” tutur Ustadz Muhtarom selaku Pembina Yayasan Abu Dzar.

Adapun pemenang lomba Musabaqoh Abu Dzar 2023 adalah sebagai berikut :

Lomba Tahfizh 1 Juz Tingkat SD/MI/Sederajat

  • Juara 1 : Nurul Alifah Rosandi (SDIT Darul Qur’an)
  • Juara 2 : Salsabila (SD Islam Abu Bakar)
  • Juara 3 : Lathifah Ruzqiyyah Azzahra (SDI Al Amanah Tajur)

Lomba Tahfizh 2 Juz Tingkat SMP/MTs/SMA/MA/Sederajat

  • Juara 1 : Namira Dhiyaulhaq Maulana (SMA Ibnu Hajar BOarding School)
  • Juara 2 : Fairuz Basaamah (SMA Ibnu Hajar Boarding School)
  • Juara 3 : Anisa Faujiah (SMA Islam Abu Dzar)

Lomba Story Telling Tingkat SMP/MTs/SMA/MA/Sederajat

  • Juara 1 : R.A Na’ila Amira Harashta (SMP IT Alia)
  • Juara 2 : Najla Maryam (SMA Islam Abu Dzar)
  • Juara 3 : Nuha Rahima (SMA Islam Abu Dzar) 

Lomba Khitobah Khusus Siswi SMP & SMA Islam Abu Dzar

  • Juara 1 : Sarah Barst Izza (Kelas 10 Hafshah)
  • Juara 2 : Najla Nadhirah (Kelas 12 Maryam)
  • Juara 3 : Zara Medina Syakiera (Kelas 7 Cordoba)

Lomba Diskusi Ilmiah Khusus Siswi SMA Islam Abu Dzar

  • Juara 1 : Aisyah Aima Wardani, Khansa Camilla, Nahla Aiyana (Kelas 12 Maryam)
  • Juara 2 : Filzah Saffa Khoiroh, Ghaida Zahira, dan Mutiara Syifaurrahmah (Kelas 10 Hafshah)
  • Juara 3 : Asma Aisyah N, Athivah Muthmainnah dan Marsela Nur Utami (Kelas 11 Rumaysho)

Lomba Cerdas Cermat Khusus Siswi SMP & SMA Islam Abu Dzar

  • Juara 1 : Aisyah Kamilah, Fatihananda K., Naomi Ayuna Zuleika (Kelas 12 Maryam)
  • Juara 2 : Ghaida Zahira, Hasna Alisha dan Intan Anggreini Yuniardi (Kelas 10 Hafshah)
  • Juara 3 : Anindya Nava Talitha, Aqila Qonita Hidayat dan Najla Maryam (Kelas 10 Hafshah)

Peserta sangat semangat dan antusias mengikuti perlombaan, kami berharap semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Alhamdulillah kegiatan perlombaan Musabaqoh Abu Dzar 2023 berjalan dengan lancar atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kami selaku panitia menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu acara ini, mulai dari awal perencanaan hingga akhir kegiatan.

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَات

Panitia Musabaqoh Abu Dzar